Objek Wisata Dieng Wonosobo

12:18 AM
Objek Wisata Dieng Wonosobo: Dieng merupakan dataran tinggi di Jawa Tengah yang meliputi wilayah kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Adapun letak dataran tinggi Dieng yaitu berada disebelah barat komplek Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Objek Wisata Dieng Wonosobo
Objek Wisata Dieng Wonosobo

Dataran tinggi Dieng yang telah menjadi salah satu objek wisata alam di Jawa Tengah merupakan gunung merapi raksasa yang memiliki beberapa kawah aktif. Salah satu kawah yang terdapat diatas gunung Dieng yaitu kawah Candradimuka.

Komplek Candi Arjuna, Dieng
Komplek Candi Arjuna, Dieng
Suhu udara di dataran tinggi Dieng mencapai 12-20⁰C disiang hari, dan 6-10⁰C pada malam harinya sehingga tidak heran jika udara begitu terasa sangat dingin. Bahkan pada bulan Juli dan Agustus suhu udara ditaran tinggi Dieng bisa mencapai 0⁰C dipagi hari, dan dapat menimbulkan embun beku yang biasa disebut “embun upas” oleh penduduk setempat.

Dataran tinggi Dieng termasuk objek wisata alam yang tidak boleh terlewatkan ketika Anda sedang liburan di Jawa Tengah. Karena selain menyajikan keindahan dan kesejukan alam pegunungan, objek wisata Dieng juga memiliki beberapa candi yang dibangun pada abad ke-7, antara lain Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima, dan Candi Sembadra.

Telaga Warna, Dieng
Telaga Warna, Dieng
Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan telaga didataran tinggi Dieng sambil menikmati secangkir kopi. Antara lain yang tidak boleh terlwatkan yaitu Telaga Warna. Disebut demikian karena memang telaga warna tersebut sering memunculkan nuansa warna hijau, biru, putih, dan warna lembayung.

Jika Anda merasa lelah, maka Anda dapat rehat sejenak sambil menonton film yang menuturkan sejarah Dieng dari tahun ke tahun. Anda juga dapat mengunjungi museum Dieng Kaliasa yang berisi artefak, geologi, serta mengenai kehidupan masyarakat yang tinggal didataran tinggi Dieng yang memiliki ketinggian dua ribu meter dari permukaan laut.


Video Kawah Candradimuka Di Objek Wisata Dieng Wonosobo

Anda dapat dengan mudah menemukan warung makan disekitar objek wisata Dieng Wonosobo. Jika Anda merasa lelah setelah mengelilingi alam pegunungan Dieng seharian, maka Anda juga dapat menyewa penginapan untuk bermalam disana yang dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
1/7/18, 5:32 AM delete

Wah, menarik sekali infonya mas. Indonesia memang oke punya kalau soal obyek wisata. Ini ada tulisan bagusnya sopir yang punya wawasan wisata. Moga bermanfaat buat pengunjung lainnya.

Reply
avatar